fbpx
Share on facebook
Share on google
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook
Share on google
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Remote Work Edition: 9 tips to beat post-holiday blues

Edisi Remote Work: 9 Cara Untuk Mengatasi Kemalasan Setelah Liburan

Kembali bekerja setelah liburan yang panjang dan santai terkadang bisa menjadi tantangan, terutama selama pandemi kemungkinan besar Anda menghabiskan waktu luang di tempat yang sama dengan tempat Anda bekerja, yaitu rumah. Jelas jauh lebih mudah kembali ke kantor yang akan membantu transisi otak Anda dari mode liburan ke mode kerja.

Berikut beberapa tips untuk mempermudah dan mengurangi stres.

# 1 Rencanakan Kepulangan Anda

Pertimbangkan untuk kembali ke rumah satu atau dua hari sebelum pekerjaan Anda mulai untuk memudahkan hari pertama Anda kembali bekerja dan Anda dapat mulai mengecek email dengan lebih tenang dan tanpa gangguan. Selain itu, dapat mengurangi dampak hari pertama kembali bekerja.

#2 Buat Ruang Kerja Khusus di Rumah

Alokasikan area tertentu di rumah sebagai ruang kerja. Memiliki ruang kerja dengan semua file dan peralatan kerja yang tertata secara sistematis dapat meningkatkan produktivitas dan fokus Anda sekaligus menghindari stres karena terus-menerus menyiapkan materi kerja Anda setiap hari.

#3 Buat Daftar Tugas Prioritas

Daftar bisa menyenangkan! Selain itu, ini akan membantu Anda memantau berbagai hal. Buat daftar tugas penting yang harus diselesaikan selama beberapa hari pertama Anda dan ingatlah untuk mencentangnya ketika sudah selesai.

#4 Beri Diri Anda Hari Jeda

Anda harus memberikan waktu antara akhir liburan Anda dan awal minggu kerja Anda. Meskipun setiap hari libur sangat berharga, tidak ada alasan untuk membuat diri Anda stres dengan segera kembali bekerja. Sebaliknya, berikan diri Anda satu hari di rumah sebagai jeda. Lakukan kesibukan, buka kemasan, dan terhubung kembali dengan keluarga dan teman.

#5 Istirahat

Hal terakhir yang yang akan Anda lakukan membuat Anda menjadi cemas karena beban kerja Anda sangat berat. Pastikan Anda memiliki tidur malam yang nyenyak agar Anda bisa bangun dengan perasaan segar dan siap kembali bekerja.

#6 Latih Pola Pikir Positif

Bekerja dari rumah membutuhkan sedikit disiplin mental. Regangkan kaki Anda untuk melakukan tugas-tugas ringan di sekitar rumah saat Anda istirahat. Lakukan latihan pernapasan dan ingatlah untuk terhidrasi dan makan.

#7 Lakukan Review Singkat Terhadap Kalender Anda

Selalu baik untuk membuat ringkasan singkat tentang apa yang sedang terjadi di tempat kerja. Konfirmasikan rapat, tenggat waktu, dan proyek yang akan datang. Jadi Anda akan lebih siap untuk hari-hari mendatang.

#8 Batasi Gangguan Anda

Saat terganggu, Anda mungkin merasa sulit untuk kembali ke pekerjaan Anda. Cobalah dan tetap termotivasi dengan membatasi gangguan dengan menonaktifkan notifikasi telepon Anda, memeriksa email Anda secara berkala dan ketahui tubuh Anda ketika perlu istirahat.

#9 Ingatlah Untuk Beristirahat

Mungkin Anda tergoda untuk merasa produktif, terutama saat Anda bekerja dari rumah. Namun, penting untuk mengistirahatkan otak secara teratur untuk mengurangi stres atau kelelahan. Salah satu cara mudah adalah dengan melihat keluar jendela setidaknya selama 5 menit untuk mengistirahatkan mata yang tegang.

*This article is written by Arissa Redea Shafee for HReasily

Find out about Arissa on LinkedIn

Contact Us

Subscribe to our newsletter